SALING UKHUWAH

Semoga blog ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya, dan bagi para pembaca (pengunjung) pada umumnya. Semoga Allah memberi kita petunjuk kejalan yang lurus, jalan mereka yang Dia beri kenikmatan , bukan jalan mereka yang Dia murkai (Sesat)


WISATA PUNCAK PRABU

Puncak prabu adalah Dataran Tinggi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Puncak ini berada di perbatasan Desa Tlogowulung Kecamatan Alian dengan Desa Tirtomoyo, Karang Tengah dan Desa Kebapangan Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan Puncak yang Tertinggi di Kecamatan Pocowarno. Terdapat Tempat pesarean di puncaknya.
Gunung Prabu merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan ekspedisi para pendaki, baik dari wilayah setempat maupun wilayah lainnya. Gunung ini mempunyai Kawasan Pucungalas, Rapucangalas, pusatDegir, dan Talanggunung.

Jalur pendakian

Jalur pendakian standar adalah dari Lubanggondang, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Poncowarno, Kebumen. Jalur populer lain adalah dari Lawangkori.

Pendakian Puncak Prabu dikenal cukup melelahkan karena hampir di sepanjang rute pendakian tebingnya yang terkenal curamya itu loh, tetapi meyenangkan ditambah ngos-ngosan. Kepada pendaki sangat disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Faktor lain adalah Gerombolan (tumbuhan kecil). Gerombolan di Gunung prabu cukup padat dan rapat sehingga menyulitkan pendakian.
Selain rute Lawangkori, ada pula rute pendakian melewati Dukuhlubanggondang atau rute pojok prabu. Dari sini samai pucuk gunung yaitu puncak, membutuhkan waktu relatif cepat dan terdapat warung sebelum mendaki rute ini.

Disampi rute pendakian melalui pojok prabu sangat terjal. namun pemandangan di sepanjang rute ini lebih istimewa dibandingkan dengan rute mana pun. Pemandangan alam di rute pojok prabu sangat alami dan masih liar (gerombolan), berkesan jauh dari kehidupan dataran renda atau ampah. kedua rute ini dapat ditempuh melewati dukuh lubanggondang lalu ke keutara menuju desa tlogowulug, melewati Pucung, Sigedong dan mulai memasuki nggriging tlogowulung.

0 comments: